Fitur Utama Microsys dan Beragam Keunggulannya

10 Agustus 2021

Tentunya Anda pernah menggunakan aplikasi mobile banking atau m banking seperti yang telah digunakan pada beberapa bank-bank besar. Sangat memudahkan nasabahnya. Kini tak mau kalah, bagi BPR (Bank Perkreditan Rakyat) dan koperasi simpan pinjam pun bisa menyediakan fasilitas yang canggih dan serba memudahkan seperti itu.

Dapat menggunakan suatu aplikasi yang namanya Microsys. Aplikasi ini bahkan ringan dan tak memerlukan banyak memori, tak akan membebani smartphone atau tablet atau kapasitas penyimpanan komputer, baik itu laptop atau desktop PC (Personal Computer) yang digunakan. Berikut ini fitur utama Microsys tersebut.

fitur utama microsys

Apa itu Microsys?

Microsys ialah suatu aplikasi pelengkap bagi suatu BPR atau koperasi simpan pinjam modern yang telah terintegrasi dengan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) atau sebagai Virtual Account, dan aplikasi mobile untuk transaction reporting dan lain sebagainya. Bisa lihat dan coba penggunaan aplikasi core koperasi dan bank yang canggih dan modern ini di sini. Penggunanya mirip seperti ketika menggunakan fasilitas m banking dari beberapa bank besar. Dengan menyediakan aplikasi Microsys ini maka BPR dan Koperasi telah setara dengan bank-bank besar dalam menyediakan kemudahan layanan bagi para nasabahnya.

Dengan Microsys ini maka tiap nasabah BPR atau koperasi simpan pinjam serasa memiliki atm dalam genggaman, dan dapat mengakses layanan serta melakukan transaksi simpan pinjam, tabung menabung secara praktis dan mudah tanpa harus pergi ke kantor bank atau kantor koperasi simpan pinjamnya dan tak terbatas selama jam kerja saja. Menarik bukan? BPR atau Koperasi simpan pinjam atau bank serta lembaga keuangan lainnya bisa membeli aplikasi Microsys ini guna memudahkan tiap nasabahnya dalam mengakses layanannya dan melakukan transaksi di luar jam kerja kantor. Aplikasi ini bisa didesain dan ditambah serta dikurangi fitur-fiturnya disesuaikan dengan keperluan pengguna, yakni BPR atau Koperasi Simpan Pinjam yang menggunakannya. Sesuai dengan jenis layanan jasa yang disediakan.

Fitur Utama Microsys

Fitur utamanya antara lain ialah sebagai berikut:

1. Fitur Simpanan dan Deposito

Berbagai transaksi simpanan dan deposito bisa dilakukan melalui aplikasi Microsys ini, yakni seperti meliputi untuk Simpanan Wajib, Pokok serta Sukarela, lalu juga untuk Tabungan Berjangka, dan untuk Deposito Berjangka, hingga mampu pula digunakan untuk Manajemen Suku Bunga dan lain sebagainya.

Jadi nasabah bisa melakukan cek saldo, melakukan setoran maupun pengambilan lewat transfer bank yang telah terintegrasi dan lain sebagainya. Juga melakukan pembayaran beberapa tagihan rutin bulanan atau pembelian yang dibayarkan dengan saldo tabungan, dan lain sebagainya. Tak perlu membawa-bawa buku tabungan dan kartu ATM, debit card ke mana-mana lagi. Sudah bisa melakukan transaksi melalui aplikasi Microsys yang telah dipasang atau diinstall pada smartphone atau ponsel nasabah yang bersangkutan. Sangat praktis dan memudahkan juga cepat dan ringkas.

2. Fitur Pinjaman

Berbagai transaksi pinjaman bisa dilakukan melalui aplikasi Microsys ini, yakni seperti untuk Pembayaran Autodebet, dan untuk Pelunasan Sebagian, serta untuk Pelunasan Dipercepat, dan untuk perhitungan Restrukturisasi pinjaman, serta untuk 

Perhitungan Tunggakan dan Denda  lalu untuk Manajemen Jaminan dan AYDA (Aset Yang Diambil Alih) juga bisa. Cukup canggih dan sangat memudahkan. 

3. Fitur Accounting

Melalui aplikasi Microsys juga dapat dilaksanakan kegiatan untuk melakukan Jurnal Seluruh Transaksi, dan untuk membuat dan mendapatkan Laporan Neraca dan Laba Rugi, juga untuk Laporan Konsolidasi dan Rekonsiliasi, serta untuk mengetahui SHU (Sisa Hasil Usaha) serta berbagai Laporan Transaksi yang lainnya, dengan mudah dan cepat.

Fungsi Microsys dan Berbagai Contoh Penggunaannya

Terdapat banyak sekali fungsi aplikasi Microsys tersebut, yang bisa dipilih secara tailor made untuk digunakan sesuai kebutuhan. Dapat difungsikan semuanya ataupun dipilih beberapa hanya sebagian saja. Berikut ini diantaranya: 

  • Menyediakan kemudahan dalam pengelolaan simpanan anggota atau nasabah, dan bisa terhubung langsung dengan API (application programming interface) yang memungkinkan share data antar aplikasi yang berbeda, juga Virtual Account Bank.
  • Dapat menjadi fasilitas untuk proses Penerimaan Dana dari Anggota dan Pencairan Dana nya ke Bank lain kapan pun dan dimana pun dengan mudah dan cepat.
  • Dapat digunakan untuk melakukan setoran dana melalui Virtual Account Bank
  • Para anggota atau nasabah juga bisa melakukan setoran ke rekening tiap nasabah atau anggota di Koperasi lewat transfer dari e Channel Bank apa saja.
  • Bisa digunakan untuk melakukan pencairan Dana ke Bank yang Lain.
  • Para nasabah bank atau anggota koperasi juga dapat melakukan pencairan dana dari rekening Koperasi simpan pinjam atau rekening bank nya ke rekening bank mana pun saja.
  • Sistem Aplikasi yang Terintegrasi dan secara Realtime. Berbagai transaksi yang dilakukan di aplikasi microsys ini dilakukan melalui sistem secara Real Time yakni secara Online, sehingga nasabah bank atau tiap anggota koperasi bisa memantau langsung Transaksi perbankan atau kegiatan Koperasi mereka tanpa perlu menunggu lama hingga akhir hari guna mendapatkan laporan transaksi keuangannya secara harian, di setiap harinya, dan lain sebagainya. Sangat bermanfaat sekali.
fitur utama microsys

Keunggulan Aplikasi Microsys

Dengan banyaknya fitur unggulan microsys dan keuntungannya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi ini. Berikut keunggulan dari aplikasi microsys:

  • Ringan, dan hanya memerlukan sedikit memori atau lighweight. Website tersedia dengan tampilan antarmuka HTML 5 sehingga menjadi ringan dan memungkinkan seluruh prosesnya dalam setiap tahapannya untuk bisa dikontrol dengan secara terpusat dan secara Real Time pula.
  • Flexible, dalam arti bisa dilakukan kustomisasi atau penyesuaian-penyesuaian dan pemilihan sehingga akan memudahkan dalam pengembangan produk BPR atau produk koperasi simpan pinjam dalam pelaksanaanya di lapangan hingga ke masa ke depan nantinya.
  • Unlimited Accessibility, yakni sangat memudahkan dan dimungkinkan untuk dilakukan integrasi dengan aplikasi maupun sistem lainnya  yakni bisa diintegrasikan dengan ATM, dan POS, juga berbagai aplikasi Mobile, dan internet Banking serta aplikasi Cloud yang lainnya.
  • Rich Functionality, kaya fungsi, yakni memiliki tampilan yang intuitif dan memiliki banyak parameter produk sehingga membuat aplikasi ini lengkap dan mudah digunakan
  • Secure, satu lagi yang penting yakni aman. Akses Data nya dapat dibatasi berdasarkan level serta group pengguna atau istilahnya Dual Control. Kemudian juga diamankan dengan SSL (https), dan Encrypted Password serta tersedia pula Access Token. Keseluruhan transaksinya tercatat dan bisa diaudit tiap saat atau Audit Trail, secara transparan dan rinci.
  • Full Regulatory Compliance, yakni telah sesuai dan memenuhi Peraturan Standar Penyelenggaraan Teknologi Informasi oleh pihak yang berwenang mengaturnya yakni OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BI (Bank Indonesia) selaku otoritas bank sentral. Keamanan dan Kualitas Data terjamin di DC (Data Center), dan dilakukan Backup Plan secara rutin dan berkala, baik itu meliputi DRC (Disaster Recovery Center) yang akan menjaga keutuhan dan kelengkapan data dari kerusakan atau hilang baik sebagian maupun seluruhnya akibat bencana atau hal-hal tak terduga yang tak diinginkan lainnya, maupun dalam rangka keperluan BCP (Business Continuity Plan) dan lain sebagainya.
  • Kemudahan akses data dan penggunaannya. Data yang ada mudah diakses kapan saja dan dimana saja oleh pihak yang berwenang dan berkepentingan menggunakannya.
  • Jangkauan koneksi nya yang lebih luas. 
  • Telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang sederhana serta mudah dimengerti bagi seluruh kalangan.
  • Biaya yang dikenakan juga secara umum dan rata-rata lebih rendah jika dibandingkan dengan penggunaan internet banking.
  • Aman dari risiko penipuan.
  • Bisa hemat waktu dan hemat biaya karena anggota koperasi atau nasabah tak perlu mendatangi kantor koperasi atau bank atau pun ke ATM pada saat hendak melakukan transaksi keuangan. Segala sesuatunya terasa berada di dalam satu genggaman.
  • Lebih efisien dan praktis, tidak perlu untuk mengantri dan lain sebagainya. Transaksi keuangan sudah bisa dilakukan hanya menggunakan dengan lewat smartphone atau ponsel dalam genggaman. Para anggota koperasi dan nasabah bank telah dapat melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja selama tersedia jaringan internet, karena aplikasi microsys bekerja secara online atau daring dan real time.
  • Nasabah bank atau anggota koperasi bahkan bisa juga memanfaatkan aplikasi microsys untuk melakukan transaksi keuangan secara terjadwal dan dalam jangka waktu yang sama untuk berbagai jenis transaksi dengan secara sekaligus. Sangat praktis sekali.

Jika masih ada hal-hal yang belum jelas maka bisa hubungi kontak service nya atau juga bisa cek ke sini guna menanyakan di akun facebook tersebut.