Fitur Unggulan Microsys, Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Praktis

Perkembangan teknologi yang kian pesat mempermudah kegiatan usaha, tak terkecuali dalam bidang koperasi. Sebagai lembaga ekonomi yang berpayung hukum, koperasi harus dikelola secara benar, transparan, dan terorganisir. Hadirnya aplikasi koperasi simpan pinjam saat ini memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan koperasi. Salah satu aplikasi koperasi dengan fitur lengkap dan menarik adalah Microsys. Lantas, apa saja fitur unggulan microsys yang ditawarkan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

fitur unggulan microsys

Mengenal Koperasi Simpan Pinjam

Sebelum membahas lebih lanjut soal fitur aplikasi Microsys, ada baiknya Anda mengenal koperasi simpan pinjam terlebih dahulu. Meskipun termasuk dalam lembaga keuangan, koperasi simpan pinjam tidak bisa disamakan dengan bank, sebab koperasi dikelola secara mandiri dan demokratis. Modal koperasi simpan pinjam terdiri dari simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, dana cadangan, modal pinjaman, dan hibah atau donasi. 

Bidang usaha dalam koperasi simpan pinjam biasanya meliputi empat hal, yakni pengumpulan dana yang berbentuk simpanan maupun tabungan, pemberian bentuk pinjaman, tambahan modal usaha, dan pelayanan pembelian. Jika dibandingkan dengan bank atau lembaga keuangan lainnya, koperasi simpan pinjam memiliki bunga yang cenderung lebih rendah. 

Nah, koperasi simpan pinjam ini juga memberikan pelayanan bagi non-anggota, dengan syarat status pihak peminjam adalah calon anggota dalam koperasi tersebut. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota dalam koperasi simpan pinjam, di antaranya adalah berstatus sebagai WNI, bersifat perseorangan, dan mau membayar simpanan pokok.

Modul Modern Aplikasi Microsys 

Penggunaan aplikasi di ranah koperasi simpan pinjam bukan hal asing lagi. Ada banyak aplikasi keuangan yang menawarkan modul canggih untuk memudahkan nasabah. Salah satunya adalah modul yang yang ditawarkan oleh aplikasi koperasi Microsys. Setidaknya ada 4 modul yang difasilitasi dalam aplikasi ini, di antaranya adalah:

1. Tabungan & Deposito

Modul pertama yang difasilitasi oleh aplikasi ini adalah Tabungan & Deposito. Modul ini meliputi tabungan, tabungan berjangka, deposito (ARO & Non-ARO), hingga manajemen suku bunga. Karena dilengkapi dengan open Application Programming Interface (API), pengelolaan tabungan dan deposito dapat terintegrasi dengan modul-modul lainnya yang terdapat dalam aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi Microsys juga terhubung secara langsung dengan Virtual Account Bank, sehingga penerimaan dana nasabah dan pencairan dana ke Bank lain dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Setoran dana dapat dilakukan melalui transfer e-Channel Bank apa pun.

2. Pinjaman

Sistem aplikasi koperasi ini juga menyediakan modul Pinjaman yang meliputi Pelunasan Sebagian, Pelunasan Dipercepat, Pembayaran Autodebet, Restruktur, Perhitungan Tunggakan & Denda, hingga Manajemen Jaminan & AYDA. Modul pinjaman memberikan kemudahan bagi nasabah maupun staff dalam mengelola pinjaman koperasi. Selain itu, modul pinjaman dapat meminimalisir kesalahan dalam perhitungan tunggakan dan denda nasabah. 

3. Accounting 

Selanjutnya ada modul Accounting yang berfungsi untuk mengelola keuangan koperasi secara terintegrasi. Modul ini mencakup beberapa poin, seperti jurnal seluruh transaksi, laporan neraca & laba rugi, laporan konsolidasi & rekonsiliasi, serta laporan transaksi lainnya. Kehadiran modul accounting mempermudah pembuatan laporan keuangan karena seluruh transaksi dari yang paling kecil hingga paling besar tercatat secara rinci. 

4. Pelaporan BI & OJK

Sebagai lembaga keuangan, koperasi simpan pinjam diawasi langsung oleh OJK dan Bank Indonesia. Hal ini menandakan bahwa koperasi tersebut bersifat legal. Tak hanya diawasi sistem pengelolaannya, koperasi simpan pinjam wajib memberikan laporan kinerja dan keuangannya secara berkala kepada BI dan OJK. Nah, berkat adanya modul Pelaporan BI & OJK yang tersedia dalam aplikasi, proses pelaporan SLIK dan Apolo dapat dilakukan secara lebih efisien. 

fitur unggulan microsys

Keunggulan Aplikasi Koperasi Simpan Pinjam Microsys

Selain memiliki empat modul utama, sistem aplikasi koperasi simpan pinjam ini menawarkan sejumlah kelebihan yang membuatnya berbeda dari aplikasi lainnya. Nah, berikut ini beberapa keunggulan Microsys yang patut untuk Anda pertimbangkan. 

1. Lighweight 

Salah satu pertimbangan dalam memilih aplikasi koperasi berbasis web adalah ukuran dan tampilannya. Aplikasi yang dapat dioperasikan secara mudah tentu lebih menguntungkan, karena tidak dibutuhkan waktu lama untuk beradaptasi saat aplikasi tersebut diterapkan. Itu pula yang ditawarkan oleh Microsys. Dengan tampilan antarmuka (HTML 5), aplikasi ini memiliki ukuran yang ringan. Selain itu, semua proses yang berkaitan dengan pengelolaan koperasi terkontrol secara real time & terpusat. 

2. Fleksibel

Modul dan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi koperasi simpan pinjam ini cukup beragam. Menariknya, modul yang tersedia dalam aplikasi dapat dikustomisasi, sehingga Anda bisa menyesuaikannya dengan tingkat kebutuhan. Anda dapat menambahkan modul sesuai dengan produk yang ditawarkan dalam koperasi simpan pinjam. 

3. Akses tak terbatas

Tak hanya terintegrasi dalam satu aplikasi, Microsys juga terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lainnya. Mulai dari ATM, internet banking, POS, aplikasi mobile, dan masih banyak lagi. Berkat keunggulan ini, nasabah dapat melakukan transaksi secara digital melalui aplikasi mana pun. Bahkan, untuk melakukan setoran nasabah tak perlu datang langsung ke kantor koperasi. 

4. Tingkat keamanan yang terjamin

Selain memudahkan proses pengelolaan koperasi simpan pinjam, kehadiran aplikasi koperasi online juga memberikan jaminan keamanan pada data-data nasabah. Data dari tahun-tahun sebelumnya masih dapat diakses secara mudah karena tersimpan dalam database secara terperinci. 

Dengan adanya SSL serta Encrypted Password & Access Token, data nasabah dapat terhindar dari tindak kejahatan dunia maya. Selain itu, akses data dapat dibatasi berdasarkan level dan grup pengguna. Artinya, tidak semua orang memiliki mengakses database aplikasi. Lebih lanjut, seluruh transaksi yang tercatat dalam aplikasi dapat diaudit kapan pun. 

5. Menyesuaikan regulasi yang berlaku

Salah satu kunggulan aplikasi koperasi lengkap ini adalah Full Regulatory Compliance. Sistem kerja aplikasi ini sesuai dengan regulasi yang berlaku di Indonesia, dalam hal ini sesuai dengan standar penyelenggaraan teknologi informasi oleh BI & OJK. Sebab itulah, aplikasi koperasi ini menjamin keamanan dan kualitas data lewat Backup Plan yang dilakukan secara berkala. Selain itu, terdapat Business Continuity Plan yang semakin menjamin keamanan data. 

Tips Memilih Aplikasi Koperasi yang Sesuai dengan Kebutuhan

Microsys hanya salah satu contoh aplikasi koperasi yang berbasis web dengan sistem terintegrasi. Di luar sana masih banyak aplikasi yang bisa Anda temukan dengan modul dan fitur beragam. Meskipun mempermudah pengelolaan koperasi simpan pinjam, nyatanya kehadiran aplikasi koperasi juga memberikan tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis untuk memilih produk yang paling tepat. Berikut ini, 4 tips dalam memilih aplikasi koperasi simpan pinjam yang perlu Anda ketahui. 

1. Pilihlah aplikasi dengan sistem real time

Salah satu pertimbangan dalam memilih aplikasi koperasi di era digital adalah yang menggunakan sistem real time. Dengan aplikasi yang menggunakan sistem real time, Anda bisa memantau laporan transaksi harian tanpa harus menunggu akhir hari. Sistem real time memberikan keuntungan tersendiri untuk pengawasan koperasi. Sebab Anda bisa melihat kondisi koperasi secara lebih akurat melalui data yang terintegrasi dan real time. 

2. Pilihlah aplikasi yang memudahkan pengelolaan simpanan anggota

Selain memilih aplikasi yang menyajikan laporan secara real time, pilihlah aplikasi yang memberikan kemudahan pengelolaan simpanan anggota. Salah satu bentuk kemudahan tersebut adalah transaksi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun karena aplikasi terintegrasi dengan internet banking dan aplikasi mobile lainnya. Begitu pun dengan sistem pencairan dana yang dapat dilakukan melalui bank mana pun. 

3. Pilih aplikasi yang dapat dikustomisasi

Aplikasi yang dapat dikustomisasi merupakan keuntungan tersendiri, sebab Anda bisa mengubahnya sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi yang dapat dikustomisasi juga cenderung lebih mudah dioperasikan. Dengan adanya pilihan kustomisasi, Anda juga bisa menyesuaikan dengan budget yang ada untuk pembelian aplikasi. 

Itu tadi keunggulan dan fitur yang tersedia dalam aplikasi Microsys. Aplikasi yang dapat dikustomisasi ini bisa jadi pilihan terbaik untuk mengelola koperasi berkat modul dan fitur aplikasi yang lengkap. Selain itu, pengopersian aplikasinya cukup mudah untuk pengguna baru. Kehadiran aplikasi koperasi simpan pinjam memberikan kemudahan tersendiri bagi staff maupun nasabah. Di era digital seperti sekarang, penggunaan aplikasi menjadi keuntungan tersendiri. Oleh karenanya, pastikan Anda memilih aplikasi koperasi yang tepat bagi koperasi Anda.