Peran Koperasi Dalam Meningkatkan Bidang Perekonomian Indonesia

13 Juli 2021

Koperasi di Indonesia sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda yang didirikan oleh seorang tokoh yakni RA Wiria Atmaja tahun 1896. Mulai saat itulah koperasi terus berkembang sampai memiliki peran penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Mari kenali apa saja yang telah diberikan oleh koperasi untuk Indonesia. 

Pengertian Koperasi

Koperasi merupakan gerakan yang dibuat oleh rakyat guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi dengan prinsip-prinsip koperasi. Koperasi selalu menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan kerja sama antar anggotanya. Hal itu dibutuhkan guna mewujudkan tujuan utama koperasi sebagai badan usaha untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar. 

peran koperasi untuk masyarakat

Koperasi juga dianggap sebagai soko guru perekonomian Indonesia mengingat eksistensinya yang telah dijamin oleh undang-undang. Meskipun demikian, koperasi tidak sedikit lebih maju dibandingkan badan usaha lainnya karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap kegiatan koperasi. 

Oleh karena itu besar harapan untuk masyarakat luas dalam memahami tugas dasar koperasi dalam mewujudkan kondisi ekonomi agar lebih maju. Kunci keberhasilan koperasi berasal dari anggotanya sehingga partisipasi anggota sangat diharapkan. Anggota koperasi diistilahkan sebagai jantung pada tubuh manusia karena peran ganda anggota sebagai pemilik dan pengguna. 

Partisipasi anggota juga merupakan wujud dari ikut serta anggota dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh koperasi dalam mencapai tujuan bersama. Efektivitas partisipasi anggota koperasi tergantung dari interaksi antara anggota, manajemen dan program.

Manfaat Koperasi

Koperasi harus mampu memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat terutama anggotanya. Uraian mengenai manfaat koperasi bagi masyarakat, anggota dan pelaku usaha dapat disimak sebagai berikut. 

1. Bagi Masyarakat

Hadirnya koperasi diharapkan mampu untuk mengurangi tingkat pengangguran. Dalam menjalankan bisnis koperasi tentu membutuhkan banyak pekerja guna mengelola usaha tersebut dengan baik. Oleh karena itu kehadirannya dianggap sebagai angin segar bagi para pengangguran yang membutuhkan pekerjaan. 

Koperasi juga dapat membantu dan memperkokoh tatanan perekonomian nasional. Tidak salah apabila koperasi dianggap sebagai urat nadi dari perekonomian bangsa yang harus dikenbangkan secara bersamaan dengan kegiatan usaha lainnya. Sebagai anggota koperasi, mereka hanya perlu mengelolanya dengan baik sehingga perekonomian negara dapat meningkat. 

Pemberdayaan koperasi dianggap menguntungkan karena itu artinya negara sedang memberdayakan masyarakat agar kondisi ekonominya membaik. Jika ada koperasi di lingkungan tempat tinggal Anda bisa langsung minta bergabung dengan memenuhi berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku. 

2. Bagi Anggota

Koperasi dapat memberikan kemudahan dan pelayanan yang baik bagi anggotanya. Para anggota berhak mendapatkan fasilitas yang telah disediakan oleh koperasi. Salah satu contohnya adalah memberikan pinjaman modal. 

Anggota koperasi berhak menerima pinjaman modal karena fungsi utamanya memang untuk kesejahteraan anggota terlebih dahulu. Oleh karena itu koperasi sering disebut sebagai bentuk kerjasama antara anggota dengan tujuan mensejahterakan anggota itu sendiri. Intinya dari anggota untuk anggota. 

koperasi menumbuhkan ekonomi masyarakat

Koperasi juga bermanfaat sebagai sarana  pengembangan potensi dan kemampuan guna meningkatkan kesejahteraan anggota. Itu artinya setiap anggota memiliki kemampuan yang berbeda baik dari segi ekonomi maupun kemampuan organisasi. Ada berbagai potensi yang dapat dikembangkan melalui kegiatan koperasi. 

Para anggota juga mendapatkan balas jasa dari koperasi dengan pembagian sisah hasil usaha yang relatif besar. Selain itu para anggota juga bisa mendapatkan manfaat dari pinjaman maupun pelatihan. Dari sanalah anggota koperasi mengalami kesejahteraan baik itu anggota yang berpotensi maupun tidak. 

Kualitas hidup anggota koperasi biasanya meningkat karena perencanaan pengeluaran yang baik. kemudahan itu juga dapat diperoleh dari belanja di koperasi karena bisa melakukan transaksi pembayaran belakangan. Para anggota yang berbelanja di koperasi pasti akan merencanakan pengeluaran terlebih dahulu. 

Apabila mampu memenuhi semua kebutuhannya maka itu akan mempengaruhi kualitas hidup anggota. Kualitas hidupnya meningkat bersamaan dengan kesejahteraan yang meningkat. Manfaat menjadi anggota koperasi lainnya adalah dapat melatih kerja sama dengan organisasi. 

Para anggota bisa membentuk karakter yang tepat dalam menghadapi berbagai masalah yang timbul. Apalagi kegiatan koperasi biasanya melibatkan banyak orang sehingga para anggota dapat mengemukakan pendapat dan berkoordinasi. Anggota koperasi juga dituntut agar mandiri dan tidak bergantung dengan orang lain. 

3. Bagi Pelaku Usaha

Manfaat koperasi bagi pelaku usaha yakni dapat memberikan akses guna mendapatkan modal usaha. Para pelaku usaha di Indonesia memiliki akses dan pilihan dalam memperoleh modal usaha. Mereka bisa mendapatkannya dari Bank Perkreditan Rakyat dan lainnya. 

Padahal jalur yang paling mudah ditempuh guna mendapatkan modal usaha yaitu koperasi. Ada berbagai syarat yang diajukan oleh pihak bank dimana berbeda dengan koperasi. Koperasi cenderung memiliki syarat lebih ringan dan tidak sulit untuk diwujudkan. Oleh karena itu pelaku usaha lebih mudah memperoleh modal usaha dari koperasi. 

Pelaku usaha yang menjadi anggota koperasi juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan perkembangan usaha. Hal itu dilakukan agar kualitas produk dan manajemennya meningkat. Koperasi juga merupakan prioritas bagi lembaga perekonomian Indonesia. 

Oleh karena itu ada banyak pelatihan yang dilaksanakan tanpa pungutan biaya. Pelatihan tersebut seperti pelatihan perizinan usaha, proses ekspor, kehalalan dan lainnya. Jadikan pelatihan tersebut sebagai jembatan untuk menuju masa depan gemilang terutama bagi usaha kecil dan usaha menengah. 

Koperasi bagi pelaku usaha juga bermanfaat sebagai lembaga yang dapat menumbuhkan kemandirian, kerjasama dan disiplin. Ketiga aspek itu berfungsi sebagai faktor yang mampu meningkatkan finansial para anggota usaha. 

Peran Koperasi Bagi Perekonomian Indonesia

Identik dengan gerakan ekonomi rakyat, hampir seluruh rakyat yang ekonominya di bawah rata-rata mengandalkan koperasi sebagai penyalur modal usaha. Lantas, apa saja peran koperasi dalam perekonomian Indonesia?  

peran koperasi dalam ekonomi Indonesia

Pembangunan ekonomi Indonesia dapat ditilik mulai dari era pemerintahan orde lama, orde baru dan orde reformasi. Peran lembaga perekonomian rakyat tersebut cukup besar dengan diselenggarakan kongres koperasi hingga pengesahan peraturan koperasi. Pemerintah kala ini mengambil sikap yang aktif guna membina gerakan koperasi di seluruh Indonesia. 

Pemerintah juga yang menyesuaikan fungsi dari koperasi berdasarkan semangat UUD 1945. Peran utama dari koperasi menjadi alat yang digunakan untuk memimpin ekonomi sosialisme khas Indonesia. Koperasi Indonesia juga dijadikan sendi kehidupan ekonomi Indonesia serta dasar dari pengaturan ekonomi rakyat. Tujuannya agar taraf layak hidup di Indonesia sesuai dengan susunan masyarakat yang adil dan makmur. 

Ketika orde baru berkuasa, salah satu isi undang-undang diterbitkan mengenai kedudukan hukum koperasi sebagai wadah organisasi ekonomi rakyat. Hal itu membuat pemerintah wajib membimbing dan membina setiap koperasi yang ada di Indonesia. 

Koperasi dianggap sebagai kumpulan manusia yang secara bersamaan mampu memajukan kepentingan ekonomi masyarakat. Apalagi asas koperasi berdasarkan kekeluargaan dan gotong royong sangat mencerminkan kehidupan bangsa Indonesia. Berikut ini ada beberapa peran penting koperasi dalam perekonomian Indonesia. 

  1. Koperasi mampu mengembangkan kegiatan usaha masyarakat. Misalnya dalam bidang usaha pengadaan alat pertanian yang pastinya dibutuhkan oleh para petani. Adanya koperasi itu dapat meringankan beban petani dalam memenuhi alat untuk bertani. Jadi kegiatan bertani dapat berjalan dengan lebih baik. 
  2. Koperasi dapat meningkatkan pendapatan anggota. Apabila Anda bergabung dengan anggota koperasi maka akan mendapatkan sisa hasil usaha. Biasanya SHU tersebut dibagikan secara merata dari hasil keuntungan koperasi. Semakin besar jasa anggota terhadap koperasi maka semakin besar pula penghasilan yang diperoleh. 
  3. Koperasi dapat menurunkan jumlah pengangguran. Seperti yang diketahui bahwa koperasi membutuhkan anggota untuk mengelola setiap kegiatan. Oleh karena itu setiap anggota diharapkan mampu mengelola koperasi dengan baik. 
  4. Koperasi dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. Peran koperasi yang satu ini dapat diperoleh dari penghasilan tinggi dalam mengelola koperasi. Para anggota dapat memenuhi kebutuhan hidup agar dapat bersaing dengan badan usaha lainnya. 
  5. Koperasi dapat mencerdaskan bangsa dengan berbagai kegiatan di bidang material atau jasa. Pendidikan tersebut diberikan dalam bentuk pelatihan keterampilan dan manajemen bisnis. Dari sanalah peran koperasi sebagai lembaga yang ikut mencerdaskan bangsa berasal. 

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa peran koperasi bagi Indonesia sangat besar apabila dikelola dengan baik. Apalagi syarat yang diajukan oleh koperasi untuk memberikan pinjaman kepada para anggota lebih mudah dipenuhi dibandingkan perbankan. 

Sekian penjelasan seputar peran koperasi untuk Indonesia. Semoga bermanfaat.