Kenali Fungsi, Cara Kerja, Serta Kelebihan Aplikasi Banking

16 September 2021

Pernahkan Anda mendengar informasi seputar aplikasi banking android? Bagi Anda para nasabah bank, tentunya sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Pasalnya kini para nasabah tersebut dapat melakukan berbagai macam transaksi dengan lebih mudah menggunakan layanan mobile banking atau mBanking.

aplikasi banking

Apa sih yang dimaksud dengan mBanking?

Sesuai dengan pernyataan di bagian atas tadi, mBanking dikenal sebagai fasilitas yang tentunya memungkinkan para nasabah untuk melakukan setiap transaksi secara online. Namun untuk menggunakan fasilitas itu sendiri, tentunya Anda membutuhkan smartphone sebagai media atau alat pendukungnya.

Dengan memanfaatkan layanan mBanking itu tadi. tentunya setiap transaksi keuangan pun dapat dilakukan dengan cepat seperti halnya layanan yang tersedia pada mesin ATM. Hal ini ditandai dengan beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan. Dimulai dari kegiatan transfer dana, pengisian pulsa, pengisian token listrik, pembayaran asuransi dan lainnya.

Fungsi dari layanan mBanking

Saat ini hampir semua layanan bank umum memiliki fasilitas atau layanan dari mBanking tersebut. seperti halnya bank BCA yang juga menyediakan aplikasi banking BCA untuk para nasabahnya. Untuk Anda yang ingin menggunakan aplikasi tersebut, tentunya ada beberapa fungsi mBanking yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Sehingga penggunaannya pun dapat Anda maksimalkan dengan lebih baik, berikut di antaranya :

  • Membantu nasabah dalam memeriksa informasi saldo serta transaksi terakhir yang dilakukannya.
  • Membantu nasabah untuk melakukan pembayaran atau transfer ke rekening lain yang dituju.
  • Memberikan laporan atau bahkan ringkasan mengenai aktivitas keuangan yang tentunya dapat disesuaikan dengan permintaan dari nasabahnya itu sendiri.
  • Memberikan informasi mengenai kantor cabang dari bank terdekat serta lokasi ATM terdekat.
  • Mengirimkan pemberitahuan mengenai aktivitas pengguna serta transaksi keuangan yang telah dilakukan.
  • Memberikan layanan untuk proses pembayaran tagihan yang dilakukan secara elektronik. Seperti halnya proses pembayaran paket internet, pembayaran listrik, tv kabel dan berbagai macam jenis pembayaran lainnya.

Cara kerja dan cara menggunakan mBanking

Untuk Anda yang belum tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi banking BRI. Pada dasarnya sama saja dengan transaksi yang dilakukan pada umumnya. Hanya saja transaksi tersebut dapat Anda lakukan melalui smartphone. Sehingga Anda pun tidak perlu repot-repot untuk pergi keluar dan mencari mesin ATM atau menuju bank cabang terdekat.

Dalam hal ini, cukup dengan download aplikasi banking BRI pada smartphone Anda. Setelah itu, install dan lakukan proses pendaftaran. Apabila proses pendaftaran telah dilakukan, tentunya nasabah pun tinggal menggunakannya secara langsung melalui smartphone. Cukup dengan memasukkan username serta password dan transaksi pun dapat dilakukan dimanapun dan kapan pun.

aplikasi banking

Kelebihan layanan mBanking

Setelah Anda mengetahui cara menggunakan aplikasi banking BCA, BRI dan juga beberapa bank lainnya yang hadir dengan cara penggunaan sama. Anda sebagai nasabah juga bisa mendapatkan beberapa kelebihan berikut ini dalam prose penggunaannya, seperti :

  • Jangkauan koneksi yang lebih luas.
  • Mudah untuk diakses kapanpun serta di mana pun Anda membutuhkan layanan tersebut.
  • Memiliki fitur sederhana yang mudah untuk digunakan.
  • Untuk biaya dari setiap transaksi yang dilakukan lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya yang diberlakukan pada layanan internet banking.
  • Hemat waktu karena nasabah tidak perlu mengunjungi ATM serta kantor cabang terdekat.
  • Lebih aman dan terhindar dari adanya resiko penipuan.
  • Nasabah juga dapat melakukan transaksi yang lebih terjadwal dalam waktu sekaligus.
  • Transaksi dilakukan dengan efisien karena Anda tidak harus mengantri.

Dari penjelasan di bagian atas tadi, Anda dapat melihat bahwa layanan mBanking termasuk penggunaan aplikasi banking mandiri tentunya sangat membantu dan bermanfaat bagi para nasabahnya. 

Jika Anda membutuhkan bantuan dalam mengembangkan aplikasi banking untuk koperasi Anda, jangan ragu menghubungi Invelli.