Alasan Menggunakan Aplikasi Koperasi Untuk Manajemen

Perkembangan era digital membawa dampak baik kepada koperasi. Seperti yang kita ketahui koperasi adalah lembaga atau badan yang mengatur keuangan simpan pinjam telah banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat. Satu tahun lalu bapak presiden Joko Widodo lewat lembaga LPDB-UMKM memberikan bantuan Rp 1 triliun untuk dicairkan koperasi. Memanajemen koperasi pastinya sedang kewalahan dalam memanajemen dana sebesar itu. Daripada khawatir bagaimana cara memanagenya, sebaiknya gunakan aplikasi koperasi saja. Mengapa demikian? Berikut alasannya.

Alasan Menggunakan Aplikasi Koperasi untuk Menangani Masalah Manajemen

Sebelum mengeluarkan dana untuk modal usaha kecil pelaku UKM, Anda pasti ingin mengetahui alternatif dana yang bisa dipinjamkan lewat koperasi simpan pinjam. Memanagement bisnis harus dimulai dari perhitungan pinjaman dan pastinya ada biaya rincian setiap bulannya yang harus dicatat dengan baik. Alasan yang masuk akal mengapa aplikasi koperasi sangat penting untuk management yakni;

Produk Invelli: Microsys- aplikasi koperasi berbasis Online

1. Dapat Mengurangi Human Error

Kesalahan yang sering terjadi bisa 100% dari manusia itu sendiri. Jika penggunaan sistem informasi secara digital, sangat bermanfaat sekali mengurangi kesalahan yang disebabkan oleh human error. Human Error meliputi perhitungan saldo berupa saldo pinjaman, perhitungan top up pinjaman, serta kurang telitinya menangani informasi pendaftaran client baru. Agar data ini tidak tertukar, sebaiknya disimpan kedalam database. Ini tidak akan cepat hilang atau mudah terhapus.

Secara teknis dengan memperbaiki sistem informasi manajemen koperasi yang menjadi tolak ukur bisa memudahkan pencarian data lama dan data baru dalam waktu yang singkat. Selain itu, dengan teknik yang cepat dalam melakukan perhitungan, juga bisa menghemat waktu Anda untuk menyusun data selanjutnya yang akan menjadi catatan digital mana yang harus diteliti, ditambahkan dan dikurangi.

2. Speed Perhitungan yang Akurat

Bagi Anda yang sedang menjadi bagian manajemen khususnya badan koperasi Indonesia, diwajibkan melek digital. Speed perhitungan atau akurasi dari sebuah aplikasi sudah tidak diragukan lagi. Dana koperasi yang berjumlah tidak sedikit itu, bisa dengan mudah mengetahui pertumbuhan dana koperasi dengan cepat. Pastinya aka nada rasa kewalahan dan kecemasan yang bertubi-tubi jika terlambat dalam menangani masalah teknis dan non-teknis dalam manajemen koperasi.

Perhitungan ini bisa menjadi pekerjaan yang membutuhkan waktu, maka dari itu untuk mengatasi keterlambatan perhitungan, Anda membutuhkan aplikasi canggih dan disamping itu sangat membantu Anda dalam memenuhi deadline permintaan data masuk dan keluar oleh badan pengawas. Tinggalkan cara lama mengolah data masuk dan keluar. Saatnya bergerak menuju era digital yang cepat dan tangguh.

3. Perencanaan yang mudah disusun 

Setiap badan usaha atau badan yang berugas dalam layanan public membutuhkan perencanaan yang matang bagaimana cara menyusunnya dan apa saja dampak positif dan negatif yang ditanggung oleh kedua belah pihak. Dengan adanya aplikasi koperasi gratis misalnya memudahkan kedua belah pihak dalam perencanaan dana keuangan. Ini akan menjauhkan Anda dari tuduhan-tuduhan penyelewengan terhadap rencana yang sudah disusun sedemikian rupa terutama perencanaan dana simpan pinjam. 

Perencanaan manajemen seharusnya dapat memberikan nilai plus misalnya, Anda merencanakan kebijakan baru dalam pinjaman, kedisiplinan anggota, link kemitraan, serta produk-produk yang ditawarkan bisa diakses dengan mudah. Karena dengan fitur aplikasi koperasi simpan pinjam dapat memberikan informasi dengan cepat, tanpa batas waktu dan mudah diakses masyarakat dimanapun. Semua ini adalah perencanaan yang matang terhadap fitur-fitur terbaru yang bermanfaat untuk berbisnis.

4. Dengan Aplikasi Koperasi bisa Mengurangi Biaya 

Ada banyak sekali rintangan dan hambatan dalam suatu manajemen. Manajemen dalam hal ini antara lain badan koperasi dan keanggotaannya. Bayangkan ada berapa ratus ribu anggota koperasi yang mendaftar setiap tahunnya. Cara lama memanajemen keuangan dalam koperasi membutuhkan waktu, tenaga, serta pembiayaan untuk maintainer. Belum lagi pengeluaran biaya untuk kenyamanan kantor. Pastinya ada-ada saja yang harus dibeli. 

Cara yang belum modern dalam memanage koperasi membutuhkan biaya dalam pembelian contohnya alat tulis dan kertas. Jika setiap harinya biaya pengeluaran ini dikalikan dalam satu tahun, pastinya ada pembekakan biaya yang tidak bisa dihindari. Nah, alasan menggunakan aplikasi koperasi untuk manajemen salah satunya dapat menghemat biaya pengeluaran tersebut. 

5. Saluran Pemasaran Langsung dan Tepat Sasaran

Dari sekian beberapa alasan, satu ini sangat menonjol yaitu digitalisasi dari informasi produk sampai ke pemasarannya harus cepat sampai ke tangan client atau member, sehingga tepat sasaran. Penyebaran segala bentuk informasi misalnya harga, newsfeed, akun anggota, bentuk layanan pemesanan, messenger dan sebagainya sangat penting disampaikan langsung kepada anggota atau pengguna layanan koperasi digital

Jadi semua yang terlibat dalam hal penjualan atau semacam promosi yang berhubungan dengan koperasi akan mudah di-share dengan anggota baru dan anggota lama. Fitur tambahan seperti notification button pada sebuah aplikasi, anggota koperasi atau client simpan pinjam bisa dengan mudah berinteraksi. Lewat interaksi inilah, Anda bisa memberikan informasi tambahan tentang produk dan jasa yang ditawarkan. 

6. Meningkatkan Keterlibatan Anggota

Keterlibatan anggota sangat lah penting dalam menjalin kepercayaan diantara kedua mitra dalam hal ini pelayanan jasa dana digital dan client. Dengan cara apapun Anda harus membuat client merasa puas dan nyaman berbisnis dengan Anda. Aplikasi koperasi untuk manajemen menawarkan beberapa fitur yang tepat untuk membangun hubungan baik kepada client yaitu fitur “help desk”.

Cara berkomunikasi kepada anggota sangatlah penting agar client merasa tertarik untuk menggunakan jasa Anda. Oleh sebab itu dengan sistem help desk yang sudah didesain untuk merespon permasalahan yang dihadapi oleh anggota misalnya layanan yang macet, perhitungan tanggal, saldo simpan pinjam yang tidak dihitung. Nah, dengan aplikasi, Anda bisa langsung menjawab keluhan client tersebut. 

7. Menonjol Dalam Persaingan Peminjaman Dana

Di era digital ini, pengguna layanan jasa aplikasi koperasi online tidak akan mudah tergiur dalam melakukan pinjaman baik itu secara online maupun tidak. Ada banyak sekali persaingan digital atau aplikasi online yang menawarkan dana pinjaman. Nah, bagi Anda yang sedang mengolah dana pinjaman modal usaha, sebaiknya pikirkan kembali apa yang menonjol dari pelayanan Anda dan semua orang juga bisa mengingat ciri khas tersebut.

Nah, dengan aplikasi koperasi berbasis web bisa juga diunduh oleh client baru ke dalam telepon pintar seperti Android dan Iphone. Anda sudah melewati kekhawatiran dalam macetnya pemasaran serta pelayanan yang kurang menonjol. Sekarang kekhawatiran itu bisa diatasi dengan aplikasi digital yang bisa diakses oleh seluruh anggota. 

8. Saling Menguntungkan Kedua Belah Pihak

Kedua belah pihak antara pemegang jasa koperasi dan keanggotaan dapat saling menguntungkan dalam hal ini, anggota akan mengetahui data dana online yang lebih rinci dan jika tahap pinjaman pertama berhasil, maka anggota atau client bisa kembali menggunakan layanan koperasi kembali. Ini akan sangat menguntungkan kedua belah pihak dari meningkatnya rating pelayanan hingga menambah keanggotaan baru.

Client koperasi yang sudah menjadi prioritas suatu perusahaan, akan menyebarkan informasi baik kepada rekan kerja, kerabat yang sedang mencari jasa koperasi simpan pinjam terbaik di Indonesia. Nah, karena rating Anda yang bagus dimata client prioritas tersebut akan menumbuhkan percepatan informasi kepada public. Inilah hal terpenting yang harus diperhatikan untuk meningkatkan rating karena testimoni yang bagus dari pelayanan.

9. Mengedukasi Masyarakat Secara Digital

Pelayanan masyarakat berbasis digital tidak hanya digunakan sebagai petunjuk sehari-hari dalam mendapatkan informasi, tetapi juga dapat mengedukasi. Aplikasi digital apapun bentuknya diharapkan dapat mengedukasi masyarakat secara keseluruhan bagaimana memanfaatkan aplikasi pintar koperasi untuk perhitungan bisnis.

Nah, Karena banyak sekali yang dibutuhkan dalam pencapaian bisnis tersebut, setidaknya dapat dimulai dari informasi penggunaan layanan terlebih dahulu. Bagi Anda yang sedang mencari layanan koperasi digital, bisa melakukan searching layanan yang terpercaya sesuai dengan keinginan dan bisa juga menghubungi teman atau kerabat yang sudah lama berlangganan. . 

Perkembangan media marketing online dapat menjadi alasan utama bagi Anda untuk mengembangkan bisnis secara digital atau online. Agar pemasaran produk lebih cepat meningkat dalam suatu badan koperasi sebaiknya dapat membangun komitmen penuh dan serius mengolah dana simpan pinjam. Masyarakat cerdas pastinya tahu cara memanfaatkan aplikasi online untuk kehidupan sehari-hari.

Koperasi Anda membutuhkan Aplikasi Koperasi Digital modern? Hubungi kami di Invelli. Perusahaan kami sudah membantu banyak koperasi untuk Go-Digital dengan aplikasi koperasi microsys.